Senin, 30 November 2009

KIAMAT 2012

Percaya atau tidak kiamat pasti terjadi
hanya Allah SWT sajalah Yang Maha Mengetahui
manusia hanya bisa meramal dan memprediksi.

Allah SWT menciptakan bumi dan alam semesta untuk makhluk ciptaan-Nya khususnya manusia. Makhluk hidup dengan aman dan nyaman dapat tinggal di bumi tanpa gangguan sedikitpun dari luar bumi. Namun kehidupan di bumi sebagai bagian hidup di dunia telah digariskan oleh-Nya suatu saat nanti akan berakhir. Akhir dari semua kehidupan inilah yang kita sebut dengan kiamat. Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan kiamat akan terjadi. Tuhan merahasiakan sedemikian rupa terjadinya kiamat tersebut.


Dunia mengenal ramalan kuno yang dikeluarkan oleh Suku Maya. Dalam 13 Baktun ramalannya Suku Maya akhirnya meramalkan terjadinya kiamat pada Desember 2012. Penyebutan angka 2012 secara otomatis memunculkan kekawatiran banyak pihak karena saat ini telah dekat sekali dengan angka 2012. Beberapa pihak mencoba mendriskripsikan peristiwa apa yang akan terjadi pada 2012 sehingga Suku Maya meyakininya sebagai kiamat. Tetapi sebaliknya juga banyak pihak yang tak peduli dengan kiamat kapan akan terjadi.

Para ahli dan peramal dunia banyak yang memprediksi bahwa tahun 2012 memang terjadi kiamat, tetapi sebaliknya ada juga yang memprediksi 2012 sebagai “permulaan”. Selain Suku Maya yang menyebut sebagai kiamat, Nostradamus juga memprediksi adanya ancaman benda langit, selain itu Einstein mempermasalahkan adanya perubahan kutub. Sebaliknya Hopi Indian memprediksi sebagai pemurnian pada bumi, sementara Edgar Cayce memperkirakan kembalinya Atlantis dan sebagainya bisa anda lihat movie pada halaman ini. Tidak jelas mana yang akan menjadi kenyataan, sebaiknya kita tunggu saja tahun 2012 sekitar 4 tahun lagi.

Sambil menunggu saatnya tahun 2012, apabila ditelaah lebih lanjut beberapa ramalan orang mengenai kiamat beserta tanda-tandanya, maka sebenarnya tidak mungkin kiamat akan terjadi di tahun tersebut. Kemustahilan ini diperkuat dengan ramalan beberapa agama dan tokoh-tokohnya mengenai tanda-tanda akan datangnya kiamat. Beberapa tanda-tanda kiamat yang dimunculkan melalui sabda Rosulullah SAW, beberapa ada yang sama sekali belum terjadi. Berikut beberapa peristiwa besar yang diyakini pasti terjadi sebelum kiamat :

1. Munculnya Imam Mahdi.
Kalangan islam menyebutkan bila salah satu tanda datangnya kiamat yaitu munculnya Imam Mahdi yang akan memimpin dan membawa islam menuju kepada kejayaan. Imam Mahdi tersebut memiliki nama seperti nama baginda Nabi SAW. Beliau pada mulanya akan datang ke Masjidil Haram kemudian disana beliau akan dibaiat oleh sedikitnya 313 orang islam. Banyak kalangan tokoh-tokoh islam meyakini bila saat ini merupakan saat-saat dimana Imam Mahdi tersebut akan segera muncul. Namun karena Tuhan masih menyembunyikannya maka hingga detik ini pula keberadaan dan segala hal tentang beliau tidak diketahui kepastiannya.

Apabila memang pada tahun 2012 kiamat akan terjadi, maka tanda kiamat dengan munculnya Imam Mahdi seharusnya pada saat ini telah dahulu terjadi. Tapi lihat saja kenyataannya, hingga detik ini belum ada yang dibaiat dan belum nampak sapa calon Imam Mahdinya. Padahal saat ini tahun 2007 berarti 5 tahun lagi merupakan tahun 2012, mana mungkin dalam waktu singkat 5 tahun bahkan kurang akan muncul Imam Mahdi untuk membawa islam menuju kejayaan. Tentunya bagi beliau dibutuhkan waktu memimpin islam tersebut dan tidak mudah seperti membalikkan tangan. Jadi mustahil tahun 2012 akan terjadi kiamat. Apakah anda masih percaya kiamat terjadi tanpa didahului dengan munculnya Imam Mahdi? ……….

2. Munculnya Dajjal.
Semua kalangan telah mempercayai ramalan kiamat sehingga mengetahui bahwa dekatnya kiamat ditandai dengan munculnya Dajjal. Dajjal tersebut akan menyesatkan banyak manusia di muka bumi ini. Kelak si Dajjal ini akan memiliki banyak pengikut dan banyak orang akan menjadi anak buahnya. Konon suatu saat nanti Dajjal akan berperang melawan umat islam dibawah pimpinan Imam Mahdi yang diduga peperangan itulah yang disebut dengan Armageddon.

Sekarang coba lihatlah fakta bahwa makhluk bernama Dajjal yang bermata satu belumlah muncul. perang Armageddon juga belumlah terjadi bahkan tanda-tanda akan terjadi perang besarpun juga belum terdengar. Padahal ini sudah dekat waktunya dengan tahun 2012 dan tidak mungkin dalam waktu tidak ada 5 tahun akan muncul Dajjal dan terjadi perang Armageddon. Dibutuhkan waktu bertahun-tahun bahkan puluhan tahun kedua peristiwa tersebut bisa terjadi. Jadi mustahil pada tahun 2012 kiamat akan terjadi. Apakah anda yakin bila kiamat akan terjadi tanpa didahului munculnya Dajjal? ……….

3. Turunnya Isa ke Bumi.
Sejarah menceritakan bahwa pada jaman dahulu kala seorang Nabi dan Rosul bernama Isa telah diangkat oleh Tuhan ke langit. Karena itu hingga detik ini Isa masih ada di langit dan dipercaya oleh banyak agama bahwa Isa kelak akan diturunkan kembali ke bumi. Turunnya Isa dengan maksud untuk menghadapi dan membunuh Dajjal. Konon katanya tidak ada yang bakal mampu menghadapi si Dajjal apalagi untuk membunuhnya. Untuk itulah Isa diturunkan karena Isa dipercaya akan sanggup membunuh Dajjal tersebut.

Sampai detik ini belum juga terdengar akan kehadiran Isa kembali ke muka bumi ini. Padahal tidak mungkin Isa turun ke bumi hanya untuk membunuh Dajjal saja. Dipastikan akan ada hal lain yang akan dikerjakannya di bumi. Tentunya pekerjaan tersebut memakan waktu yang relatif lama. Namun menjelang tahun 2012 tanda-tanda akan datangnya Isa belum juga terdengar. Mustahil dalam waktu singkat menjelang tahun 2012 Isa turun dan membunuh Dajjal, maka mustahil pula tahun 2012 akan terjadi kiamat. Apakah anda masih percaya bahwa kiamat terjadi tanpa diturunkannya Isa terlebih dahulu ke bumi? ……….

4. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj.
Ya’juj Ma’juj merupakan sepasukan yang hidup di masa raja Zulkarnaen. Namun karena pasukan tersebut selalu saja membuat kerusakan dan kehancuran dimana-mana, maka Raja Zulkarnaen memenjarakan Ya’juj Ma’juj ke alam gaib. Begitu kuatnya penjara bagi pasukan itu maka hingga detik ini mereka masih terpenjara. Beberapa agama meyakini bila sebagai salah satu tanda kiamat yaitu keluarnya Ya’juj Ma’juj tersebut dari alam gaib. Artinya dinding yang memenjarakan mereka terbuka sehingga mereka bisa kembali lagi ke alam fisik. Ini sangat membahayakan nyawa banyak orang.

Namun hingga detik ini juga belum nampak pasukan Ya’juj Ma’juj tersebut. Tidak ada berita dari negara manapun tentang kehadiran sepasukan tersebut menandakan bahwa mereka masih di alam gaib dan terpenjara. Singkatnya waktu menjelang tahun 2012 tidak mungkin bila Ya’juj Ma’juj akan muncul dalam waktu dekat ini. Bisa jadi kemunculan pasukan tersebut masih lama karena peristiwa pendukungnya juga belum kelihatan. Sehingga mustahil tahun 2012 akan terjadi kiamat. Tapi apakah anda masih percaya kiamat terjadi tanpa didahului munculnya Ya’juj Ma’juj? ……….

5. Kejayaan Islam kembali.
Mengenai kejayaan islam beberapa peramal besar telah memprediksikan hal ini. Nostradamus dalam kuantrinnya juga menyebut bila islam kelak akan menguasai Eropa. Suku Maya dalam baktun terakhirnya juga menyebut bila islam akan mencapai kejayaan. Sementara dalam islam sendiri banyak ditemui hadis Nabi SAW yang menyebutkan bila kelak islam akan kembali mencapai kejayaan di bawah pimpinan Imam Mahdi. Kejayaan islam tersebut tentunya didahului dengan kebangkitannya yang kemudian dapat menguasai seluruh penjuru bumi dan menaklukkan musuh-musuh islam selanjutnya memasuki masa keemasan.

Tetapi lihatlah saat ini dimana-mana islam diserang tidak berdaya. Islam tidak lain seperti buih di lautan yang tidak ada gunanya. Ibarat hidangan di atas meja yang siap untuk disantap oleh semua pihak. Tanda-tanda akan kebangkitan islam juga belum terdengar hingga detik ini. Justru sebaliknya tanda-tanda akan kehancuran islam malah terdengar dimana-mana. Apa mungkin menjelang 2012 islam akan jaya, mana mungkin ditempuh dalam waktu sangat singkat. Jadi mustahillah 2012 akan terjadi kiamat. Jadi apakah anda masih percaya kiamat akan terjadi tanpa didahului oleh kejayaan islam? ……….

6. Matahari terbit dari barat.
Sebagian besar telah mengetahui akan berita terjadinya matahari terbit dari barat. Peristiwa ini diprediksi sebagai awal terjadinya kiamat. Einstein juga pernah menyebut akan terjadinya perubahan kutub di bumi. Sementara beberapa ahli Astronomi mendapati gejala terjadinya perubahan putaran pada Planet Mars. Sepertinya peristiwa berbaliknya arah putaran bumi sangat memungkinkan terjadi oleh karena banyak hal yang tidak bisa disebutkan. Tetapi memang sedikit sulit memperkirakan penyebab dari berbaliknya putaran bumi. Namun yang pasti prediksi akan terjadinya peristiwa tersebut telah diyakini oleh banyak pihak khususnya islam.

Pada saat ini kita sebagai penghuni bumi masih benar-benar merasa nyaman dengan siklus perputaran bumi dengan planet lainnya. Tidak ada gejala sedikitpun yang mengkawatirkan kita akan munculnya penyebab bebaliknya arah putaran bumi sehingga terjadi matahari terbit dari barat. Padahal tidak lama lagi menunjukkan tahun 2012 yang diyakini akan terjadi kiamat. Sementara tanda-tanda terjadinya matahari terbit dari barat juga belum dapat diprediksikan. Mustahil kiranya tahun 2012 akan kiamat. Tetapi apakah anda tetap yakin kiamat terjadi tanpa peristiwa matahari terbit dari barat? ………

Peristiwa-peristiwa besar seperti yang telah saya jabarkan di atas, telah diyakini oleh banyak kalangan dan tokoh-tokoh besar dunia. Sehingga dipastikan peristiwa tersebut bukan hanya ramalan belaka tanpa ada kenyataan, tetapi memang sebuah ramalan besar yang kelak pasti terjadi. Hanya tinggal menunggu waktu saja semua peristiwa di atas akan terjadi dan kita saksikan bersama. Namun peristiwa tersebut tiada mungkin akan terjadi dalam waktu dekat ini. Mulai dari hari ini hingga desember 2012 bukan waktu yang lama, tetapi waktu yang sangat singkat dan mustahil peristiwa -peristiwa itu bisa terjadi semua. Wajar bila selayaknya juga mustahil kiamat akan terjadi pada desember 2012.

Mengingat satu sisi Suku Maya begitu yakin akan kesimpulannya bahwa pada desember 2012 akan terjadi kiamat. Sementara di pihak lain yang meyakini akan terjadinya peristiwa besar menjelang kiamat sehingga otomatis menolak kesimpulan Suku Maya tersebut. Maka alangkah baiknya kita koreksi saja beberapa hal yang telah dikemukakan oleh Suku Maya terkait terjadinya kiamat pada desember 2012.

Pertama ramalan Suku Maya belum semuanya terjadi. Kalo ada beberapa pihak yang mengambil analisa dari sana, yang dimana2 banyak orang mengambil sebuah penilaian soal ini.

Lihatlah beberapa ramalan Suku Maya pada Baktun 12 di bawah ini :
Baktun 12 = “Baktun of The Transformation of Matter” (Periode 1618-2012 M) 12.0.0.0.0
*Zaman Imperialisme dan Kapitalisme
*Revolusi Industri
*Revolusi Amerika
*Kolonialisme di Afrika,Amerika Latin dan Asia
*Revolusi Prancis
*Industrialisasi di Jepang
*Paham Marxisme oleh Karl Marx
*Revolusi Komunis Rusia dan China
*Perang Dunia 1 dan 2 meletus,era bom atom
*Era Nuklir dimulai
*Perang Dingin
*Teror mulai merajalela secara global (baru terjadi saat ini)
*Kejayaan Islam dan Munculnya kekuatan baru di India dan Timur Tengah (belum terjadi)

*Mulai tidak stabilnya peradaban di Bumi
*Bumi memasuki era ahir global regeneration
*Bumi memasuki Zona Photon tahap ahir
*Ahir Galactic Synchronization (December 2012)

Sesuai Baktun 12 di atas, ramalan yang baru terjadi saat ini point ke 12 yaitu teror merajalela secara global. Sementara point ke 13 kejayaan islam dan munculnya kekuatan baru di India dan Timur Tengah belum terjadi hingga detik ini. Apakah anda telah mendapati bukti akan terwujudnya ramalan kejayaan islam. Padahal untuk ramalan kejayaan islam juga telah disampaikan oleh Nostradamus, tentunya juga dalam Hadis Nabi SAW. Hal tersebut menunjukkan ada kesamaan ramalan Nostradamus, Suku Maya dan Islam bahwa kelak islam akan mencapai kejayaan sebelum datangnya kiamat.

Apabila Suku Maya masih saja mengambil kesimpulan bahwa kiamat terjadi pada desember 2012, maka dalam ramalan mereka telah terjadi pertentangan. Pada satu sisi Suku Maya mengambil kesimpulan bahwa kiamat terjadi tahun 2012 dan disisi lain beberapa ramalan belum terjadi padahal mereka meyakini ramalannya pasti terjadi.
Lantas yang mana yang akan dipercaya dari ramalan Suku Maya tersebut?
Apakah akan percaya ramalan mereka 2012 pasti kiamat!
ataukah percaya ramalan mereka akan kejayaan islam?
Jadi bingung kan mana yang seharusnya dipercaya pada Baktun 12 tersebut. Bisa jadi tahun 2012 bukannya kiamat yang terjadi, namun justru ramalan Suku Maya akan kejayaan islamlah yang akan terwujud. Sebaiknya kita tunggu saja tahun 2012 sekitar 5 tahun lagi (kalo masih hidup, hihihi).

Kedua Pada penyebutan tahun 2012.
Pada baktun terakhir Suku Maya menyebutkan bila kiamat akan terjadi pada desember 2012. Akan tetapi setelah mempertimbangkan tanda-tanda datangnya kiamat yang dikemukakan oleh ramalan lain seperti yang telah dijabarkan di atas maka ramalan Suku Maya akan terjadinya kiamat pada desember 2012 dipastikan meleset. Di Baktun terakhir itu pula belum semua ramalan telah terwujud. Sehingga perkiraan sementara bahwa Suku Maya keliru dalam penyebutan angka 2012. Bisa jadi bukan angka 2012 yang seharusnya ditetapkan, namun mungkin saja 3012, atau 2312, atau 2512, atau 2712 dan lain sebagainya.

Ketiga kiamat terjadi karena benturan benda langit ke bumi.
Beberapa ilmuwan memprediksi kiamat yang terjadi pada tahun 2012 disebabkan oleh benturan benda langit ke bumi seperti yang terlihat pada movie di halaman ini. Akan tetapi coba perhatikan movie tersebut, setelah benda langit itu membentur bumi maka yang terjadi adalah kehancuran menyeluruh di permukaan bumi sehingga semua makhluk hidup akan mati. Jatuhnya benda langit itu tidak mengakibatkan peristiwa terjadinya matahari terbit dari barat. Padahal salah satu tanda besar datangnya kiamat yaitu terjadinya peristiwa matahari terbit dari barat. Jadi bayang-bayang akan ancaman benda langit ke bumi sepertinya tidak perlu dikawatirkan. Tidaklah mungkin bumi kiamat oleh peristiwa benturan benda langit tersebut. Tentunya apabila anda juga percaya bahwa kelak akan terjadi matahari terbit dari barat. Bila anda tidak mempercayai peristiwa tersebut dipastikan akan kawatir 2012 terjadi kiamat.

Tiga hal yang perlu dikoreksi dalam memastikan terjadinya kiamat pada tahun 2012 di atas dapat dijadikan acuan penikiran akan terbuktinya ramalan Suku Maya menjadi kenyataan. Kita dapat meragukan terwujudnya ramalan mereka dan mungkin akan menolaknya dalam penyebutan angka 2012 sambil menunggu segala kemungkinan pada tahun tersebut. Segalanya bisa saja terjadi, boleh jadi memang akan terjadi kehancuran namun bukan kiamat, sebaliknya bisa jadi akan ada yang baru dalam kehidupan manusia di muka bumi ini. Segala kemungkinan masih bisa terjadi, yang penting kita sebagai umat Islam harus waspada dan tingkatkan semangat ibadah, baik yang sholat maupun IQRA nya sambil mempelajari atau membaca gelagat/tanda jaman, jadi kite pade jangan diem aja sambil
SUMBER: jampanx.multiply.com/journal/item/50/SABDA_ROSULULLAH_VS_RAMALAN_KIAMAT_2012

Rabu, 11 November 2009

ULIL DIHABISI DI JAWA TIMUR

Forum Tabayyun dan Debat Forum Kiai Muda (FKM) NU dengan Ulil berlangsung seru. Tak kurang dari 500 orang hadir dalam kesempatan itu. Mereka datang dari Jember, Banyuwangi, Situbondo, Pasuruan dan Probolinggo. Seolah-olah forum itu menjadi tempat penumpahan uneg-uneg warga NU terhadap gagasan dan pemikiran Ulil mengenai Islam liberal yang diusungnya selama ini.

Debat yang dimoderatori Kiai Abdurrahman Navis itu mengangkat dua pemikirian Ulil yang sangat kontroversial, yaitu soal pluralisme agama dan kesakralan Al-Qur’an. FKM diberi kesempatan pertama untuk menyampaikan “uneg-uneg” terkait dengan pemikiran Ulil.

Peserta menanyakan hal urgen terkait masalah prinsip beragama. Diantaranya Masalah pluralisme agama, semua agama sama benar.

Dalam acara ini, nampak peserta sangat rapi menyiapkan berbagai bahan baik ucapan, tulisan dan pernyataan Ulil menyangkut paham liberal selama ini.

Ketika terpojok, Ulil malah berlindung kepada Gus Dur. Ia mengaku pemikirannya sudah dikembangkan oleh Gus Dur

Ketika terpojok, Ulil malah berlindung kepada Gus Dur. Ia mengaku pemikirannya sudah dikembangkan oleh Gus Dur. “Sebenarnya pemikiran soal pluralisme sudah diungkap oleh Gus Dur, kenapa baru sekarang ramai,” ungkap Ulil dikutip situs www.nu.or.id.

Gus A’ab, menyayangkan tulisan-tulisan Ulil soal pluralisme agama selama ini. Pasalnya, Ulil telah menyamaratakan semua agama. Menurut Gus A’ab, pemikirian Ulil yang menyatakan bahwa semua agama itu benar adalah salah besar. Yang betul, katanya, orang Islam wajib meyakini bahwa agama Islamlah yang benar, walaupun keyakinan itu tidak boleh sampai menghilangkan toleransi terhadap kebenaran agama lain sesuai keyakinan penganutnya.

“Jadi jangan pernah mengagggap semua agama benar. Kita harus tetap meyakini Islam itu yang benar tanpa harus menafikan kebenaran agama lain sesuai yan diyakini pemeluknya,” tukasnya Gus A’ab.

Mendapat serangan itu, Ulil menghindar. “Tidak benar saya mengatakan semua agama itu benar. Yang sama itu hanya agama Yahudi, Nasrani dan Islam. Karena, tiga agama itu minimal mempunyai landasan teoleogi yang sama,” jelas Ulil.

Debat semakin seru, karena pengunjung banyak yang berteriak ketika Ulil lagi-lagi menghidari pernyataannya sendiri di berbagai tulisannya. Padahal, FKM membawa segepok foto copy tulisan Ulil yang berisi pemikiran kontroversial itu.

Forum Kiai Muda (FKM) NU menilai paham JIL cenderung membatalkan otoritas para ulama salaf. Namun mengajak menghadapi JIL dengan dialog

Menurut Gus A’ab, pemikiran-pemikiran yang dikembangkan oleh Jaringan Islam Liberal (JIL) tidak bisa dikaitkan dengan NU, meskipun beberapa orang dari kelompok ini adalah anak NU, bahkan menantu salah seorang tokoh NU.

Ia menyatakan, keberadaan JIL sangat merisaukan warga NU, karena salah seorang pentolannya, Ulil Abshar-Abdalla adalah warga NU

Di bawah ini pernyataan lengkap Forum Kiai Muda NU:
Kesimpulan Forum Tabayyun dan Dialog Terbuka
Antara Jaringan Islam Liberal dan Forum Kiai Muda (FKM) NU Jawa Timur
Di PP Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur
Ahad, 11 Oktober 2009

Dewasa ini sedang berlangsung perang terbuka dalam pemikiran (ghazwul fikri) pada tataran global. Melalui sejumlah kampanye dan agitasi pemikiran, seperti perang melawan terorisme dan promosi ide-ide liberalisme politik dan ekonomi neo-liberal, Amerika Serikat sebagai kekuatan dunia berupaya menjinakkan ancaman kelompok-kelompok radikal, memanas-manasi pertikaian di antara kelompok radikal dan moderat dalam tubuh umat Islam, serta menyeret umat Islam dan bangsa ini ikut menjadi proyek liberal mereka.

Dengan memperhatikan perkembangan global tersebut, dan terdorong oleh kepentingan membela tradisi Ahlussunnah Waljamaah yang dianut oleh warga NU sebagai bagian dari identitas dan jati diri bangsa ini, Forum Kiai Muda Jawa Timur memberikan kesimpulan tentang hasil-hasil dialog dengan Jaringan Islam Liberal (JIL) sebagai berikut:

1. Sdr. Ulil Abshar Abdalla dengan JIL-nya tidak memiliki landasan teori yang sistematis dan argumentasi yang kuat. Pemikiran mereka lebih banyak berupa kutipan-kutipan ide-ide yang dicomot dari sana-sini, dan terkesan hanya sebagai pemikiran asal-asalan belaka (plagiator), yang tergantung musim dan waktu (zhuruf), dan pesan sponsor yang tidak berakar dalam tradisi berpikir masyarakat bangsa ini.

2. Pada dasarnya pemikiran-pemikiran JIL bertujuan untuk membongkar kemapanan beragama dan bertradisi kaum Nahdliyin. Cara-cara membongkar kemapanan itu dilakukan dengan tiga cara: (1) Liberalisasi dalam bidang akidah; (2) Liberalisasi dalam bidang pemahaman al-Quran; dan, (3) Liberalisasi dalam bidang syariat dan akhlak.

3. Liberalisasi dalam bidang akidah yang diajarkan JIL, misalnya bahwa semua agama sama, dan tentang pluralisme, bertentangan dengan akidah Islam Ahlussunnah Waljamaah. Warga NU meyakini agama Islam sebagai agama yang paling benar, dengan tidak menafikan hubungan yang baik dengan penganut agama lainnya yang memandang agama mereka juga benar menurut mereka. Sementara ajaran pluralisme yang dimaksud JIL berlainan dengan pandangan ukhuwah wathaniyah yang dipegang NU yang mengokohkan solidaritas dengan saudara-saudara sebangsa. NU juga tidak menaruh toleransi terhadap pandangan-pandangan imperialis neo-liberalisme Amerika yang berkedok “pluralisme dan toleransi agama”.

4. Liberalisasi dalam bidang pemahaman al-Quran yang diajarkan JIL, misalnya al-Quran adalah produk budaya dan keotentikannya diragukan, tentu berseberangan dengan pandangan mayoritas umat Islam yang meyakini al-Quran itu firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan terjaga keasliannya.

5. Liberalisasi dalam bidang syari’ah dan akhlak di mana JIL mengatakan bahwa hukum Tuhan itu tidak ada, jelas bertolak belakang dengan ajaran Al Quran dan Sunnah yang mengandung ketentuan hukum bagi umat Islam. JIL juga mengabaikan sikap-sikap tawadhu’ dan akhlaqul karimah kepada para ulama dan kiai. JIL juga tidak menghargai tradisi pesantren sebagai modal sosial bangsa ini dalam mensejahterakan bangsa dan memperkuat Pancasila dan NKRI.

6. Ide-ide liberalisasi, kebebasan dan hak asasi manusia (HAM) yang diangkat oleh kelompok JIL dalam konteks NU dan pesantren tidak bisa dilepaskan dari Neo-Liberalisme yang berasal dari dunia kapitalisme, yang menghendaki agar para kiai dan komunitas pesantren tidak ikut campur dalam menggerakkan tradisinya sebagai kritik dan pembebasan dari penjajahan dan kerakusan kaum kapitalis yang menjarah sumber-sumber daya alam bangsa kita.

7. JIL cenderung membatalkan otoritas para ulama salaf dan menanamkan ketidakpercayaan kepada mereka, sementara di sisi lain mereka mengagumi pemikiran orientalis Barat dan murid-muridnya, seperti Huston Smith, John Shelby Spong, Nasr Hamid Abu Zaid, dan sebagainya.

8. Menghadapi pemikiran-pemikiran JIL tidak dilawan dengan amuk-amuk dan cara-cara kekerasan, tapi harus melalui pendekatan yang strategis dan taktis, dengan dialog-dialog dan pencerahan.

Forum Kiai Muda Jawa Timur,
Tulangan, Sidoarjo, 11 Oktober 2009

Sumber :
http://www.voa-islam.com/news/indonesia/2009/10/13/1381/forum-kiai-muda-nu-ulil-mencatut-gus-dur/images/ads/pid-ads.swf
Updated about a week ago
Dewi, Mochammad, Surawan and 93 others like this.

Sabtu, 07 November 2009

Muhammad Natsir, Mujahid dan Politikus Piawai

30 Januari 2007
1 Votes
Quantcast

“Pilihlah salah satu dari dua jalan, Islam atau Atheis.” adalah kutipan pidato Muhammad Natsir di Parlemen Indonesia di masa kemerdekaan. Muhammad Natsir adalah tokoh Islam kontemporer dunia Islam, mujahid dan politikus piawai. Mencurahkan segenap kemampuan untuk menjadikan Islam sebagai sistem pemerintahan Indonesia, dan melawan orang-orang yang menghalangi tegaknya Islam.Hingga riwayat hidupnya tercatat dalam buku “Mereka yang telah pergi, Tokoh-tokoh Pembangunan Pergerakan Islam Kontemporer”.

Muhammad Natsir lahir pada tanggal 16 Juli 1908 di Maninjau Sumatera Barat. Ia dibesarkan di keluarga agamis, ayahnya seorang ulama terkenal di Indonesia. Lingkungan seperti ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan sang putra. Ia belajar di sekolah agama dan negeri. Mendapat ijazah perguruan tinggi terbiyah
Bandung, Mendapat gelar Doktor Honoris Causal fari Universitas Islam Indonesia (dulu Sekolah Tinggi Islam), Yogyakarta. Pada masa pendudukan Belanda aktif pada dunia pendidikan di Bandung, menjadi pemimpin pada Direktorat Pendidikan di Jakarta.

Tahun 1945, Dr. Muhammad Hatta, wakil Presiden RI setelah kemerdekaan, memintanya membantu melawan penjajah. Kemudian ia menjadi anggota Majelis permusyawaratan Rakyat Sumatera. Tahun 1946, ia mendirikan partai MASYUMI (Majelis Syura Muslimin Indonesia). Ia juga menjabat Menteri Penerangan Selama empat tahun.

Perjuangan Muhammad Natsir

Ketika Belanda hendak menjadikan Indonesia negera serikat, Muhammad Natsir menentangnya dan mengajukan pembentukan negara Kesatuan Republik Indonesia. Usulan ini disetujui 90% anggota Masyumi. Tahun 1950, ia diminta membentuk kabinet sekaligus menjadi perdana Menterinya. Tapi belum genap setahun ia dipecat karena bersebrangan dengan presiden Soekarno. Ia tetap memimpin Masyumi

dan menjadi angota parlemen hingga tahun 1957. Pidatonya yang berjudul “Pilihlah salah satu dari dua jalan, Islam atau Atheis.” yang disampaikan di parlemen Indonesia dan dipublikasikan majalah “Al Muslimin”, punya pengaruh besar pada anggota parlemen dan masyaakat muslim Indonesia.

Saat menerjuni bidang politik, Muhammad Natsir adalah sorang politikus piawai. Saat menerjuni medan perang, ia menjadi panglima yang gagah berani, dan saat berdebat dengan musuh, ia tampil sebagai pakar ilmu dan dakwah. Muhammad Natsir menentang serangan membabi buta yang dilancarkan para misionaris Kristen, antek-antek penjajah dan para kaki tangan Barat maupun Timur, dengan menerbitkan majalah Pembela Islam. Ia juga menyerukan Islam sebagai titik tolak kemerdekaan dan kedaulatan, pada saat Soekarno dan antek-anteknya menyerukan nasionalisme Indonesia sebagai titik tolak kemerdekaan. Saat itu
Soekarno bersekutu dengan Komunis yang terhimpun dalam Partai Komunis Indonesia (PKI) untuk melawan Muhammad Natsir dan Partai Masyumi. Pertarungan ini berlangsung hingga tahun 1961, Soekarno membubarkan Partai Masyumi dan menahan pemimpinnya, terutama Muhmmad Natsir.Namun perlawan kaum muslimin Indonesia tidak padam, terus berlanjut hingga terjadi revolusi militer yang berhasil menggulingkan Soekarno pada tahun 1965.

Manhaj Dakwah Muhammad Natsir

Keluar dari penjara, Muhammad Natsir dan rekan-rekannya mendirikan Dewan Dakwah Islam Indonesia yang memusatkan aktivitasnya untuk membina masyarakat, mengerahkan para pemuda, dan menyiapkan dai. Kemudian cabang-cabang DDI terbentuk di seluruh Indonesia, dan generasi muda dapat mengenyam fikrah Islam yang benar, memberi pengarahan kepada masyarakat, mendirikan pusat-pusat kegiatan Islam (Islamic Center) dan masjid, menyebarkan buku-buku Islam, membentuk ikatan-ikatan pelajar Islam, serta mendirikan beberapa asosiasi profesional: para insinyur, petani, pekerja dan lain-lain. Ia juga menjalin hubungan dengan gerakan-geraka Islam Internasional, untuk saling tukar pengalaman dan saling mengokohkan persatuan. tahun 1967, Muhammad Natsir dipilih menjadi Wakil Ketua Muktmaar Islam Internasiomal di Pakistan.

Kepedulian Muhammad Natsir

Muhammad Natsir sangat seius memperhatikan masalah Palestina. Ia temui tokoh, pemimpin dan dai di negara-negara Arab dan Islam untuk membangkitkan semangat membela Palestina, setelah kekelahan tahun 1967. Siang dan malam Muhammad Natsir berkunjung ke wilayah di Indonesia untuk urusan dakwah. Setelah Soekarno tumbang bulan Oktber 1965, kristenisasi semakin meningkat. Para misionaris melipatgandakan upayanya, membangun gereja-gereja, menyebarkan Injil, mendirikan lembaga-lembaga pendidikan Kristen dan membuka sekolah-sekolah misionaris. mereka berharap tahun 2000 Indonesia menjadi Kristen.

Meskipun para misionaris mendaptkan suplay dana dari luar negeri dalam menjalankan aksinya, namun upaya Muhammad Natsir dn rekan-rekannya menjadi penghambat aktivitas para misionaris dan mengagalkan rencana serta konspirasi busuk mereka. Rakyat Indonesia mulai mendekati dai untuk mengenal Islam yang benar. Kesadaran berislam pun merebak dikalangan mahasiswa dan pelajar,
juga menyentuh para intelektual.

Ungkapan-ungkapan Muhammad Natsir

“Islam tidak terbatas pada aktivitas ritual muslim yang sempit, tapi pedoman hidup bagi individu, masyarakat dan negara. Islam menentang kesewenang-wenangan manusia terhadap saudaranya. karena itu, kaum muslimin harus berjihad untuk mendapatkan kemerdekaan. Islam menyetujui prinsip-prinsip negara
yang benar. Karena itu, kaum muslimin harus mengelola negara yang merdeka berdasarkan nilai-nilai Islam. Tujuan ini tidak terwujud jika kaum muslimin tidak punya keberanian berjihad untuk mendapatkan kemerdekaan, sesuai dengan nilai-nilai yang diserukan Islam. Mereka juga harus serius membentuk kader dari kalangan pemuda muslim yang terpelajar.”

Saat diwawancarai dengan redaktur majalah “Al-Wa’yul ISlami” Kuwait di kediaman Muhammad Natsir pada tahun 1989, Muhammad Natsir berkata: “Saya tidak takut masa depan, karena tidak ada bahaya. Masa depan
milik Umat Islam, jika mereka tetap istiqomah, baik secara pribadi atau kolektif.” Ketika redaktur bertanya tentnag tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam dirinya dan mempengaruhi perjuangannya, Muhammad natsir menjawab: “Haji Syaikh Muhammad Amin Al-Husaini, Imam Asy Syahid Hasan Al-Banna dan Imam Al-Hudhaibi.Sedangtokoh tokoh Indonesia adalah Syaikh Agus Salim dan Syaikh Ahmad Surkati.”

Karya-Karya Muhammad Natsir

Banyak karya tulis yang ditinggalkan oleh Muhammad Natsir, baik yang terkait dengan dakwah atau pemikiran. Sebagian telah diterbitkan dalam bahasa Arab dengan jumlah lebih dari 35 buah buku, diantaranya adalah Fiqhud Da’wah (Fikih Dakwah) dan Ikhtaru Ahadas Sabilain (Pilih salah satu dari dua jalan). Disamping itu masih banyak ceramah, riset, makalah Muhammad Natsir yang tersebar dan tidak dapat dihitung.

Akhir Hidup

Hamba Allah Muhammad Natsir pulang kerahmatullah pada tanggal 5 Februari 1993 di Jakarta. Perjalanan hidupnya dalam menegakkan dawah Islam menjadi inspirasi bagi generasi penerus dakwah di Indonesia.

Oleh: Ningsih
Sumber: http://www.pks-jaksel.or.id/Article133.phtml

Kamis, 05 November 2009

Melalui Perdagangan, Jalan Alternatif Hubungan Israel-Indonesia

E-mail Print PDF

Sampoerna memiliki perwakilan di Tel Aviv melalui kerjasamanya dengan Harel Insurance Co, di mana ia memiliki sepuluh persen saham, kutip Emanuel Shahab


Hidayatullah.com—Ketika banyak orang menolak adanya hubungan resmi Indonesia-Israel, tiba-tiba beberapa pihak dari Israel justru mengaku ada hubungan “tersembunyi” dengan beberapa pihak di Indonesia.

Seorang mantan diplomat yang juga pendiri dan Ketua Kamar Dagang Israel untuk Indonesia, Emanuel Shahaf mengakui itu. Emanuel Shahaf yang ditempatkan di kawasan ASEAN bahkan berdecak kagum mengamati keadaan alam Indonesia yang berbanding terbalik dengan negaranya.

Menurut dia, di Indonesia matahari bersinar 12 jam, tanahnya vulkanik, dan yang penting sumber air melimpah yang mampu mengairi dengan sistem irigasi.

Emanuel Shahaf yang juga Ketua Technology Asia Consulting, mendirikan Kamar Dagang Israel-Indonesia sebagai bagian dari Kamar Dagang Israel-Asia, untuk menyatukan kepentingan bisnis Israel dengan kepentingan dagang Indonesia, khususnya.

Baru-baru ini dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Yehonathan Tommer dan Rebecca Zeffert, Emanuel mengatakan, banyak hal rencana kerjasama dengan pihak Indonesia. Di antaranya sedang memprioritaskan bidang pertanian dan mengusahakan pengusaha Israel mengadakan pameran di Indonesia.

“Kamar Dagang yang baru dibentuk itu merupakan bagian dari Kamar Dagang Israel-Asia, yang menyatukan kepentingan bisnis Israel dengan kepentingan dagang Indonesia,” tambahnya.

Inilah kutipan wawancaranya yang diambil dari situs www.israelasiacenter.org dan diterjemahkan ulang oleh www.hidayatullah.com.

Mengapa Israel harus berusaha mengembangkan kerjasama perdagangan dengan sebuah negara yang secara resmi tidak mengakui negara Israel?

Perdagangan mempertemukan orang-orang , menyingkirkan hambatan, dan meningkatkan kepentingan bersama sebagaimana dalam membangun hubungan politik. Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia yang kebanyakannya merupakan Muslim moderat. Dan karena tidak ada hubungan diplomatik, maka jalan alternatif harus digunakan untuk membangun hubungan di antara kedua negara —perdagangan merupakan pilihan yang paling tepat. Ketika pedagangan sudah mencapai volume tertentu, sektor bisnis cenderung akan memberikan tekanan pada para politisi agar mendukung kegiatan bisnis dan perdagangan timbal balik, dengan jaring keselamatan dari pemerintah seperti, asuransi, perlindungan investasi, perlindungan hukum, kredit ekspor, dan lain-lain. Dan juga semakin banyak hubungan bisnis, maka akan semakin terlihat, dan dengan demikian kami berharap sensitivitas politik dalam perdagangan dengan Israel tidak lagi akan menjadi masalah.


Kamar Dagang ini akan melakukan hubungan dalam sektor perekonomian apa saja di Indonesia?


Kami akan berusaha melakukan hubungan dalam seluruh sektor ekonomi. Namun kami menekankan pada area yang kami perkirakaan punya peluang keberhasilan lebih baik. Satu-satunya sektor terbesar di mana Israel bisa memberikan kontribusi nyata, yaitu di pertanian. Kami memiliki banyak pengetahuan, teknologi, dan banyak pengalaman. Sebagai contoh dalam hal fertigasi (fertilisasi dan irigasi), yaitu penggunaan pupuk, peningkat kualitas tanah atau produk-produk lain yang larut air, dalam pertanian tanaman pangan, dan tumbuh-tumbuhan melalui sistem irigasi.

Sistem itu juga bisa diterapkan untuk bercocok tanam di lahan-lahan Indonesia yang kekurangan air. Fertigasi dalam hal ini tidak cocok digunakan untuk tanaman yang dibudidayakan dalam rumah kaca dan ruangan bertemperatur, yang cakupannya kecil dan hanya untuk persemaian.

Sebagian tanaman pangan Indonesia kualitasnya rendah. Sebab itu negara itu tergantung pada impor –kecuali untuk beras (kadang-kadang) dan beberapa jenis lainnya, dan jeruk kualitas tinggi serta buah--buahan lain yang tidak diproduksi lokal. Buahan itu diimpor untuk memenuhi pasar menengah atas.

Prioritas apa yang akan Anda berikan untuk mempromosikan pengetahuan dan teknologi pertanian Israel?

Kami akan mencoba untuk meningkatkan hasil dan kualitas panen dari produksi yang ada, dan akan mulai membeli tunai hasil panen pertanian kecil yang biasanya dikelola oleh keluarga dengan lahan sekitar 1 hektar. Sekarang ini mereka tidak menanam apapun-- yang padahal banyak menghasilkan uang, meskipun iklim dan kondisi tanahnya sangat baik untk ditanami tanaman yang lebih menguntungkan dari pada padi dan juga tanaman industri seperti kelapa sawit, karet, coklat, teh, dan tembakau. Pertanian tanaman lainnya sangat kecil atau sekitar itu. Jadi, tanaman baru apapun yang belum pernah mereka tanam sebelumnya dan yang akan diajarkan untuk dibudidayakan, akan memberikan dampak yang besar dalam mengurangi jumlah kemiskinan di Indonesia dan meningkatkan pendapatan per kapita.

Bentuk sistem pertanian Indonesia tidak bagus, karena Kementerian Pertanian Indonesia hanya berfungsi sebagai lembaga regulator dan fasilitator tanpa anggaran operasional, dan pada tingkat lokal, tidak banyak pakar di bidangnya. Hal ini memberikan ruang bagi perusahaan swasta Indonesia untuk menanam jenis tanaman baru dengan membentuk kerjasama dalam pertanian kolektif, berbagi peralatan, penyimpanan dan pemasaran, seperti model sistem pertanian (kibbutz) di Israel. Pengetahuan yang dimiliki Israel dapat berperan dalam mempertemukan dunia usaha Indonesia dengan investasi yang menguntungkan dalam proyek pembangunan pertanian.

Karena ketiadaan hubungan diplomatik, maka tidaklah bijaksana untuk mendorong investasi Israel dalam proyek pembangunan pertanian di Indonesia, meskipun demikian dalam kondisi tertentu (misalnya investasi melalui kepemilikan Singapura) perlu dipertimbangkan.

Sejumlah 46 persen dari angkatan kerja Indonesia bekerja di sektor pertanian. Industri terbatas pada pertambangan mineral, pengeboran gas dan minyak, dan pengilangan minyak. Dengan demikian perekonomian belum menyentuh bidang tekstil, kimia, dan industri otomotif. Sangat sedikit buruh yang menjadi sumber tenaga kerja di bidang industri.

Apakah Israel mempunyai kompetitor di sektor pertanian di Indonesia?

Ada beberapa negara yang mencoba untuk berjualan ke Indonesia. Tetapi ada satu tantangan yang sulit, yaitu perbedaan kebudayaan dan kemauan untuk mengambil resiko. Saya kira Israel memiliki keuntungan relatif dibandingan dengan kompetitior asing lainnya, dalam hal misalnya keengganan orang Indonesia terhadap bangsa Australia, Amerika, New Zealand, dan sebagian Eropa, karena kenangan dan kaitan mereka dengan masa penjajahan Indonesia.

Kesampingkan perbedaan politik, maka orang Indonesia yang bekerja dengan orang Israel akan merasa sangat nyaman dan lebih mudah untuk berhubungan dengan mereka. Kami bersedia untuk berbagi pengetahuan dan kami akan memperlakukan mereka dengan setara.

Apakah ada kesempatan untuk bekerja sama Research & Development?

Mungkin ada di bidang pertanian. Tapi apapun yang dianggap sebagai kerjasama resmi antara Israel dan Indonesia, menjadi masalah politik bagi pemerintah Indonesia, karena hal itu dapat menyulut api. Hanya ada sedikit lembaga pertanian swasta atau semisal lembaga R & D swasta di Indonesia. Jadi bisa saya katakan belum ada kesempatan yang baik sekarang ini.

Apakah perusahaan-perusahaan Indonesia berencana untuk mendirikan perwakilan di Israel?

Ini merupakan masalah rumit. Saya bisa menyebutkan Sampoerna, salah satu konglomerat terbesar di Indonesia, yang namanya telah disebut sebelumnya sehingga saya dapat bebas untuk berbicara tentang hal ini. Sampoerna memiliki perwakilan di Tel Aviv melalui kerjasamanya dengan Harel Insurance Co, di mana ia memiliki sepuluh persen saham. Saya tidak tahu tentang kehadiran perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya di Israel, tetapi jika ada, mereka mungkin beroperasi melalui perwakilan sementara di Israel. Mereka pastinya akan tetap tidak menonjolkan diri.

Di Israel, kita ingin melakukan hubungan ini secara terbuka. Tetapi di Indonesia, di mana tidak ada Kamar Dagang Indonesia-Israel, atau yang semisalnya di Jakarta, kami sebisa mungkin akan membatasi diri, sehingga tidak membuat masalah.

Dalam kaitan tidak adanya hubungan diplomatik antara kedua negara, apa kesulitan atau hambatan bagi Israel untuk melakukan bisnis di Indonesia?

Salah satunya adalah masalah birokrasi untuk memperoleh visa bisnis ke Indonesia, rintangan yang harus diakui, juga sama terjadi di Israel. Akibatnya, menjadi sulit, mahal dan menghabiskan waktu, bagi pengusaha Indonesia untuk memperoleh visa ke Israel, begitu juga pengusaha Israel ke Indonesia. Masalah terbesar adalah tidak adanya perlindungan hukum bagi pelaku bisnis Israel di Indonesia. Sebagaimana, ketidakpastian hukum merupakan ciri khas dari Indonesia. Masalah lain disebabkan sulitnya untuk mendapatkan asuransi dan pembiayaan/kredit ekspor untuk melakukan perdagangan dengan Indonesia. Semua hal yang disebutkan tadi merupakan tantangan terbesar, tapi patut dihadapi. Dan meningkatnya volume perdagangan menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan Israel telah berhasil mengatasi sebagian besar masalah.

Apakah Anda mempersiapkan pameran pertanian Israel di Jakarta?

Kami akan berusaha untuk mendorong perusahaan-perusahaan Israel agar berpartisipasi dalam pameran di Jakarta melalui perusahaan-perusahaan Indonesia dan di bawah payung mereka. Semua perusahaan besar di Indonesia memiliki kantor di ibu kota, yang merupakan pusat bisnis di Indonesia. Indonesia akan memberikan layanan dan teknologi yang berasal dari Israel. Kami tidak akan membuat stand Israel guna menjaga untuk tetap tidak menonjolkan diri. Para pembeli akan mengetahui tentang partisipasi Israel, tetapi tidak akan dibeberkan secara luas ke publik.

Pada akhirnya, dalam hal pertanian, kita akan mencoba untuk bergerak mendekati pemerintah propinsi, yang sekarang dapat melakukan negosiasi kontrak sendiri dengan perusahaan-perusahaan, seiring adanya desentralisasi kekuasaan pada dekade terakhir ini. Ini akan menjadi tantangan besar, pindah keluar dari Jakarta dengan keberadaan logistik yang lebih sederhana, tenaga kerja terdidik, dan pertimbangan keamanan. [iso/dija/www.hidayatullah.com]

Jum'at, 06 November 2009





Senin, 02 November 2009

Muslim Terkaya di Dunia

Kiprah Pengusaha Muslim Terkaya
Azim Premji

Eko Edhi Caroko
AZIM Premji adalah pengusaha muslim paling kaya di jagat ini. Kekayaan pria berkebangsaan India ini, seperti dilansir The Wall Street Journal belum lama ini, ditaksir mencapai US$ 17 miliar. Pengusaha muslim terkaya berikutnya adalah Suleiman Kerimov, ”jawara” asal Rusia, dengan total kekayaan US$ 14 miliar. Sementara Naseer Al-Kharafi dari Kuwait berada di urutan ketiga, dengan kekayaan mencapai US$ 11 miliar.
Yang menarik dari sosok Azim, di negerinya, ia hidup di kalangan minoritas. Lebih dari itu, negeri yang lebih dari 80% penduduknya pemeluk agama Hindu ini, kerap diwarnai pertentangan antargolongan. Bahkan, konflik yang terjadi terkadang berkembang menjadi bentrokan berdarah. Itu sebabnya, janganlah heran, kehidupan antar-umat beragama di negeri ini—terutama di kalangan pemeluk Hindu dan Islam—selalu dibumbui rasa saling curiga.
Oleh karena itu, menjadi pebisnis muslim yang sukses di India, sesungguhnya merupakan prestasi tersendiri. Contohnya adalah Azim. Pengusaha yang kini seluruh rambutnya telah berwarna perak ini, berkibar lewat Wipro Ltd. Berkat perusahaan yang didirikannya ini—yang bergerak di bidang teknologi informasi (TI), Azim jadi kesohor karena berhasil membangun kawasan silicon city di Bangalore, India. Lebih dari itu, ia juga menikmati berkahnya menjadi orang terkaya di India selama kurun waktu 1999-2005.












Azim juga dikenal sebagai sosok pengusaha di India yang berhasil menanamkan budaya bisnis modern yang mampu memanfaatkan arus globalisasi di negerinya. Nyatanya, banyak pengusaha muda di India yang mengikuti jejaknya. Kini mereka mulai berkiprah di bisnis internasional.
Salah satu kunci keberhasilan Azim dalam berusaha adalah ia tidak membawa atribut keagamaan. Semua dilakukannya, semata-mata dengan pertimbangan ekonomi. Antara lain, ia tak pernah membeda-bedakan 70 ribu pekerjanya berdasarkan agama yang dipeluknya. Bahkan di setiap hari besar agama Islam, Azim tak pernah meliburkan karyawannya.
Begitu pula halnya ketika ia memutuskan siapa di antara karyawannya yang layak menduduki posisi di tingkat top management, pertimbangannya hanya berdasarkan pada prinsip-prinsip profesional. Karena itu, bisa dimaklumi, hanya beberapa orang yang seagama dengannya yang dapat duduk di jajaran direksi.
Tidak itu saja, selama menjalankan bisnis Azim jarang menyatakan bahwa dirinya seorang muslim. Yang selalu dikatakannya adalah bahwa ia merupakan warga negara India. Azim sadar betul, itulah konsekuensi yang harus ditanggungnya ketika menjalankan bisnis di negara yang sangat rentan dengan perbedaan agama.
Dirinya juga sadar betul bahwa di negeri dengan penduduk mencapai satu miliar ini, sebagian besar dari mereka masih hidup miskin. Karena itu, ia tak mau menunjukkan kemewahan yang dimilikinya kepada publik. Hal ini patut dilakoninya, karena negeri ini masih begitu rentan terhadap isu kesenjangan sosial. Sebagai seorang miliarder, sejatinya, Azim tergolong sosok pengusaha yang amat bersahaja.
Itu sebabnya pula, ke mana ia pergi, kendaraan yang ditumpanginya hanya sedan Ford Escort produksi 1995. Bahkan tak jarang, ketika tiba di Bandara Mumbai di Bangalore dari perjalanan ke luar negeri, ia lebih memilih naik taksi ke kantornya ketimbang dijemput kendaraan perusahaan. Ia juga menolak disediakan tempat parkir khusus bagi kendaraannya. Sosoknya yang amat bersahaja inilah yang mengantarkan Azim menjadi salah satu tokoh muslim yang paling dihormati di negerinya.

BERMITRA DENGAN SEJUMLAH RAKSASA IT
Kiprah Azim di dunia bisnis dimulai saat ia harus menggantikan posisi ayahnya yang meninggal dunia pada 1966. Ketika itu, sang ayah berkedudukan sebagai Direktur Utama Vanaspati, tak lain perusahaan keluarga yang bergerak di industri pertanian—khususnya minyak biji bunga matahari—yang dirintisnya. Saat menerima tongkat estafet kepemimpinan, Azim masih berumur 21 tahun dan baru saja menyelesaikan studinya di Jurusan Electrical Engineering, Stanford University, Amerika.
Memasuki periode 1970-an, Azim pun mulai mengarahkan perusahaan keluarga itu ke bisnis teknologi. Produk perdananya adalah membuat komponen untuk mesin hidrolik. Hingga pada 1997, Azim pun perlu mengubah nama perusahaan menjadi Wipro Products Limited.
Sebagai salah seorang warga India yang sempat mengenyam pendidikan tinggi di luar negeri, tampaknya, Azim memiliki visi bisnis yang cukup tajam. Ia begitu yakin bahwa di masa datang bisnis informasi teknologi akan memegang peranan penting di dunia. Pandangannya itu akhirnya dinyatakan secara sungguh-sungguh pada 1980, bertepatan dengan strategi perusahaan yang mulai difokuskan ke bidang IT.
Di Indonesia nama Wipro memang masih terdengar asing. Namun sesungguhnya, perusahaan ini merupakan rekanan bisnis dari berbagai perusahaan raksasa yang bergerak di bisnis informasi teknologi, seperti Sun Microsystems, General Electric, dan Motorola. Dalam kemitraan ini, pihak Wipro berperan memasok berbagai produk teknologi yang selama ini dipasarkan oleh para industri raksasa itu. Berkat kerja sama ini, dua tahun lalu, Wipro dinobatkan sebagai perusahaan outsourcing (business process outsourcing)—khususnya di bidang informasi teknologi—terbesar di dunia.
Di tangan pria yang kini berumur 62 tahun itu, Wipro terus saja berkibar. Tahun lalu total pendapatan yang berhasil diraihnya mencapai US$ 3,47 miliar, dengan keuntungan bersih mencapai US$ 677 juta. Prestasi tergolong luar biasa bila dibandingkan dengan kinerja pada dua tahun lalu. Ketika itu, perusahaan ini ”hanya” berhasil mencatatkan pendapatan US$ 1,8 miliar dan laba bersih sebesar US$ 409 juta.
Azim juga dikenal sebagai konglomerat yang budiman. Sebagian dari keuntungan yang didapat perusahaannya, selalu disumbangkan untuk kegiatan amal. Untuk menyalurkan kegiatan sosialnya, ia mendirikan Azim Premji Foundation. Salah satu kegiatannya adalah membantu pendidikan bagi generasi muda di India. Meski baru didirikan enam tahun lalu, yayasan ini telah mampu menyekolahkan tak kurang dari 1,8 juta anak di India. Azim Premji Foundation juga telah membentuk 25 organisasi sosial lainnya, yang diarahkan untuk membantu pengentasan kemiskinan di negerinya.
Lewat yayasan itu pula, berbagai karya nyata lainnya dibangun, di antaranya 900 gedung sekolah di 17 negara bagian di India. Menurut Azim, berkat kegiatan sosialnya ini ia berharap dapat memberikan kontribusi bagi rakyat India agar mereka bisa menjemput masa depan yang lebih baik. Amien. 

SUMBER:MAJALAH TRUST

masjidil aqsha memanggil

Hizbut Tahrir Kecam Penyerbuan Israel ke Masjidil Aqsha

Minggu, 01 November 2009 | 10:40 WIB

TEMPO Interaktif, Surakarta - Puluhan massa Hizbut Tahrir Indonesia Solo Raya pagi ini (1/11) menggelar aksi unjuk rasa mengecam penyerbuan dan pembunuhan jamaah Masjidil Aqsha, 25 Oktober silam oleh Israel. Unjuk rasa digelar di bundaran gladag setelah sebelumnya melakukan long march dari kawasan kota barat.

Juru bicara HTI Solo Raya Muhammad Sholahudin mengatakan aksi tersebut diikuti anggota HTI se eks Karesidenan Surakarta dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Dia mengakui jika aksi demonstrasi saja tidak akan banyak membantu umat Islam di sekitar Masjidil Aqsha. Tapi paling tidak, "Kami ingin membentuk opini masyarakat bahwa perbuatan Israel sudah semena-mena. Kami meminta umat Islam memberi dukungan moral dan materi bagi umat Islam di Masjidil Aqsha," tuturnya, Minggu (1/11).

Selain itu, pihaknya mendesak negeri-negeri muslim segera mengirim tentaranya untuk mengusir Israel dari Palestina. Juga meminta umat Islam menegakkan pemerintahan Islam untuk menyatukan 1,5 miliar umat Islam di dunia.

UKKY PRIMARTANTYO

sumber:tempo interaktif.com

Minggu, 01 November 2009

muhammad athar